Wednesday, April 25, 2018

IBU FATMAWATI

         IBU FATMAWATI



         Fatmawati yang memiliki nama asli Fatimah ini terlahir sebagai putri tunggal keluarga H. Hassan Din dan Sitj Chadidjah. Orang tuanya merupakan keturunan Puti Indrapura, salah seorang keluarga raja dari Kesultanan Indrapura, Pesisir Selatan, Sumatera Barat dan ayahnya, Hassan Din adalah seorang tokoh Muhammadiyah di Bengkulu.
.
.
        Fatmawati lahir di Bengkulu, 5 Februari 1923. Dari pernikahannya dengan Bung Karno yang dilakukan pada tanggal 1 Juni 1943, ia dikaruniai lima orang putra dan putri, yaitu Guntur Soekarnoputra, Megawati Soekarnoputri, Rachmawati Soekarnoputri, Sukmawati Soekarnoputri, dan Guruh Soekarnoputra.
.
.
       Fatmawati lebih dikenal akan jasanya dalam menjahit Bendera Pusaka Sang Saka Merah Putih yang dikibarkan pada upacara Proklamasi Kemerdekaan Indonesia di Jakarta pada tanggal 17 Agustus 1945. Ia tidak membuat bendera Merah Putih sekali jadi, sebelum tanggal 16 Agustus 1945, ia sudah menyelesaikan sebuah bendera namun ukurannya terlalu kecil sehingga ia membuatnya kembali dengan ukuran yang lebih besar (276x200cm) pada malam harinya, ia dibantu oleh Lukas Kastaryo yang ikut andil dalam mencarikan kain merah.
_________________________
Explore & Meriahkan HUT 50th 
Prov. Bengkulu bersama
IG : @bamus_bengkulu
Fb&YouTube : BMMP Bengkulu

No comments:

Post a Comment

GOLDEN ANNIVERSARY PROV. BENGKULU KE-50, 1968-2018

GOLDEN ANNIVERSARY PROV. BENGKULU KE-50, 1968-2018